asal usul game Roblox

 

Roblox

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasiLoncat ke pencarian
Roblox
Logo Roblox saat ini dengan font Gill Sans Ultra Bold hitam, dengan kedua Os diganti dengan kotak
Logo Roblox
PengembangRoblox Corporation
PenerbitRoblox Corporation
PengarahDavid Baszucki,
Erik Cassel[1]
PlatformWindowsmacOSiOSAndroidXbox One
Tanggal rilisPC
1 September, 2006[2][3]
iOS
11 Desember, 2012[4]
Android
16 Juli, 2014[5]
Xbox One
20 November, 2015[6]
GenreSistem pembuatan gamemultiplayer online secara masif
ModePemain tunggalmultipemain

Roblox adalah platform permainan daring dan sistem pembuatan permainan yang memungkinkan pengguna memprogram permainan dan memainkan permainan yang dibuat oleh pengguna lain.[7] Didirikan oleh David Baszucki dan Erik Cassel pada tahun 2004 dan secara resmi dirilis pada tahun 2006, platform ini menjadi tempat permainan yang dibuat pengguna dalam banyak genre, seperti permainan balap, permainan bermain-peran, simulasi dan kursus rintangan, diberi kode dalam bahasa pemrograman Lua.[8]

Roblox gratis-untuk-dimainkan, dengan pembelian dalam permainan tersedia melalui mata uang virtual yang disebut "Robux". Pada Agustus 2020, Roblox memiliki lebih dari 164 juta pengguna aktif bulanan, yang dimainkan oleh lebih dari setengah dari semua anak berusia di bawah 16 tahun di Amerika Serikat.[9][10]

Roblox umumnya menerima ulasan positif dari para kritikus.

Gambaran

Roblox studio

Two blue polygons with a gap in between them.
Logo Roblox Studio

Roblox adalah platform pembuatan permainan yang memungkinkan pemain untuk membuat game sendiri menggunakan mesin miliknya, Roblox Studio. Permainan diberi kode di bawah sistem Pemrograman Berorientasi Objek menggunakan bahasa pemrograman Lua untuk memanipulasi lingkungan permainan.[11] Pengguna dapat membuat game pass, yang merupakan konten yang dapat dibeli melalui pembelian satu kali, serta transaksi mikro melalui produk pengembang. Pengembang di situs pertukaran Robux yang diperoleh dari berbagai produk di permainan mereka ke dalam mata uang dunia nyata melalui sistem Pertukaran Pengembang. Persentase pendapatan dari pembelian dibagi antara pengembang dan Roblox.[12][13]

Pemain

Roblox memungkinkan pemain untuk membeli, menjual, dan membuat barang virtual. Pakaian dapat dibeli oleh siapa saja, tetapi hanya pemain dengan keanggotaan premium saja yang dapat menjualnya.[14] Hanya administrator Roblox yang dapat menjual aksesori, bagian tubuh, perlengkapan, dan paket di bawah akun pengguna resmi Roblox. Item dengan status edisi terbatas hanya dapat diperdagangkan antara atau dijual oleh pengguna dengan status keanggotaan premium.[15]

Robux adalah mata uang virtual dalam Roblox yang memungkinkan pemain untuk membeli berbagai item. Pemain dapat memperoleh Robux dengan membeli Robux dengan mata uang nyata, dari tunjangan Robux berulang yang diberikan kepada anggota dengan keanggotaan premium, dan dari pemain lain dengan menjual konten virtual di Roblox.[16]

Barang dan mata uang

Roblox memungkinkan pemain untuk membeli, menjual, dan membuat barang virtual yang dapat digunakan untuk menghias karakter virtual mereka yang berfungsi sebagai avatar mereka di platform.[9] Pakaian bisa dibeli oleh siapa saja, tapi hanya pemain dengan keanggotaan premium yang bisa menjualnya.[17] Hanya administrator Roblox yang dapat menjual aksesori, bagian tubuh, perlengkapan, dan paket di bawah akun pengguna resmi Roblox;[18] topi dan aksesori virtual juga dapat diterbitkan oleh beberapa pengguna tertentu yang memiliki pengalaman bekerja dengan Roblox Corporation.[19][20] Ada beberapa individu yang mendesain item sebagai pekerjaan penuh waktu, dengan pencipta berpenghasilan tertinggi menghasilkan lebih dari $100.000 setahun dari penjualan item.[21] Barang dengan status edisi terbatas hanya dapat diperdagangkan atau dijual oleh pengguna dengan status keanggotaan premium.[22]

Acara

Roblox sesekali menyelenggarakan kehidupan nyata dan peristiwa virtual. Salah satu acara tersebut adalah Konferensi Pengembang mereka.[23] Roblox mengadakan acara perburuan telur Paskah virtual setiap tahun dan acara yang sebelumnya diselenggarakan seperti BloxCon, yang merupakan konvensi untuk pemain dari segala usia.[24]

Roblox terkadang terlibat dalam acara untuk mempromosikan film, seperti yang diadakan untuk mempromosikan Wonder Woman 1984 dan Aquaman.[25][26] Pada tahun 2020, Roblox menyelenggarakan konser virtual pertamanya, yang dibandingkan dengan konser virtual rapper Amerika Travis Scott di Fortnite,[27] di mana rapper Amerika Lil Nas X memulai debutnya dengan lagunya "Holiday" di hadapan para pemain Roblox.[27][28][29]

Konferensi Pengembang

Roblox setiap tahun menyelenggarakan Roblox Developers Conference, acara khusus undangan selama tiga hari di San Francisco di mana pembuat konten teratas di situs mempelajari perubahan mendatang pada platform. Roblox juga menjadi tuan rumah acara serupa di London[30] dan Amsterdam.[31]

Pengembangan dan sejarah

Logo Roblox pertama, dirancang pada tahun 2004[32]
Logo Roblox dari 2005–2006[32]
Logo Roblox dari 2006-2017; itu memiliki banyak variasi, tetapi sebagian besar tetap sama.[32]
Logo Roblox pada 2017[32]

Versi beta Roblox dibuat oleh salah satu pendiri David Baszucki dan Erik Cassel pada tahun 2004,[33] awalnya dengan nama DynaBlocks.[34] Baszucki mulai menguji demo pertama tahun itu. Pada tahun 2005, perusahaan berganti nama menjadi RobloxRoblox resmi digunakan pada 1 September 2006.[35]

Pada bulan Maret 2007, Roblox menjadi patuh dengan COPPA, dengan tambahan obrolan aman, suatu perubahan yang membatasi pengguna di bawah usia tiga belas tahun untuk berkomunikasi dengan memilih pesan yang telah ditentukan dari menu.[36] Pada bulan Agustus, Roblox menerapkan perbaikan server dan merilis layanan keanggotaan premium bernama "Builders Club." Fitur keanggotaan berbayar ini, pada bulan September 2019, berganti nama menjadi "Roblox Premium."[37]

Pada bulan Desember 2011, Roblox mengadakan Hack Week pertama mereka, sebuah acara tahunan di mana pengembang Roblox bekerja pada ide-ide inovatif di luar kotak untuk perkembangan baru untuk diberikan kepada perusahaan.[38] Pada 11 Desember 2012, Roblox merilis versi iOS dari platform permainan.[39] Pada 1 Oktober

2013, Roblox merilis program "Developer Exchange", yang memungkinkan pengembang untuk menukar Robux virtual yang diperoleh dari permainan mereka ke dalam mata uang dunia nyata.[40]

Pada tanggal 31 Mei 2015, fitur yang disebut 'Smooth Terrain' ditambahkan, meningkatkan kesetiaan grafis dari medan dan mengubah mesin fisika dari gaya berorientasi blok menjadi gaya yang lebih halus dan lebih realistis.[41] Pada tanggal 20 November, Roblox diluncurkan di Xbox One, dengan pilihan awal 15 permainan yang dipilih oleh staf Roblox. Permainan Roblox yang baru untuk konsol ini harus melalui proses persetujuan, dan tunduk pada standar Entertainment Software Ratings Board.[42]

Pada April 2016, Roblox meluncurkan Roblox VR untuk Oculus Rift. Pada saat perilisan, lebih dari sepuluh juta game tersedia dalam 3D.[43] Sekitar periode waktu yang sama, fitur obrolan aman dihapus dan diganti oleh sistem berdasarkan daftar putih dengan serangkaian kata yang dapat diterima untuk pengguna di bawah 13 tahun dan pada daftar hitam untuk pengguna lain.[44] Pada bulan Juni, perusahaan meluncurkan versi yang kompatibel dengan Windows 10. Sementara platform game telah memiliki kehadiran PC sejak tahun 2004 dengan versi web-nya, ini adalah pertama kalinya ditingkatkan dengan launcher mandiri yang dibangun untuk Windows.

Komunitas dan budaya

Upaya anti-rasisme

Pengguna Roblox telah dicatat untuk upaya mereka melawan rasisme, dengan banyak pengguna biasa dan salah satu pendiri Baszucki telah menyatakan dukungan mereka untuk protes George Floyd dan Black Lives Matter.[45]

Efek pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi Roblox dengan berbagai cara. Karena karantina yang diberlakukan oleh interaksi sosial pandemi yang membatasi, Roblox digunakan sebagai cara bagi anak-anak untuk berkomunikasi satu sama lain.[46] Salah satu cara yang paling terkenal bahwa metode komunikasi ini dilakukan adalah fenomena pesta ulang tahun diadakan di platform.[47] Pada 1 Mei 2020, Roblox Corp mengumumkan penggalangan dana virtual untuk mengumpulkan uang untuk amal yang berjuang COVID-19.[48]

Efek suara "Oof"

Dari perilisan hingga November 2020, efek suara Roblox saat karakter mati adalah suara "oof", yang menjadi bagian penting dari reputasi platform karena statusnya sebagai sebuah meme.[49] Suara ini awalnya diproduksi oleh komposer permainan video Tommy Tallarico untuk permainan video tahun 2000 Messiah, dan dia serta Roblox terlibat dalam sengketa hak cipta. Perselisihan berakhir ketika Roblox setuju untuk menarik suara dari platform mereka dan menggantinya dengan suara kematian lainnya, dan Tallarico setuju untuk mengizinkan Roblox merilis suara itu lagi di kemudian hari di pasarnya, pengembang permainan mana di platform ini yang dapat membeli dengan harga US $1.[50][51]

Penerimaan dan penghasilan

Penerimaan Keseluruhan

Roblox secara keseluruhan telah menerima ulasan positif secara umum. Common Sense Media memberikannya 4 dari 5 awal, memuji berbagai permainan situs web dan kemampuan untuk mendorong kreativitas pada anak-anak, sementara juga menemukan bahwa sifat terdesentralisasi dari platform berarti kualitas permainan bervariasi, dan merekomendasikan menonaktifkan fungsi obrolan untuk pemain muda untuk mencegah kemungkinan interaksi yang berbahaya.[52] Patricia E. Vance dari Family Online Safety Institute juga menyarankan orang tua untuk memantau interaksi anak-anak mereka di platform, tetapi memuji platform untuk "memungkinkan anak-anak bermain, mengeksplorasi, bersosialisasi, membuat dan belajar dengan cara yang diarahkan sendiri", dan memberikan pujian utama kepada Roblox Studio untuk kemampuannya mendorong anak-anak untuk mengalami pengembangan permainan.

Permainan populer

Karena statusnya sebagai platform game, Roblox memiliki beragam game populer. Pada Mei 2020, game paling populer di Roblox masing-masing memiliki lebih dari 10 juta pemain aktif bulanan. Pada Agustus 2020, setidaknya 20 game telah dimainkan lebih dari satu miliar kali, dan setidaknya 5.000 telah dimainkan lebih dari satu juta kali. Beberapa game yang lebih terkenal meliputi:

Adopt Me!

Adopt Me! adalah permainan peran daring multipemain masif di mana fokus nominalnya adalah pemain yang berpura-pura menjadi orang tua yang mengadopsi anak, atau anak-anak diadopsi, meskipun fokus de facto adalah sekitar mengadopsi dan merawat banyak hewan peliharaan yang berbeda, yang dapat diperdagangkan dengan yang lain pemain. Pada Juli 2020, permainan tersebut telah dimainkan lebih dari sepuluh miliar kali. Adopt Me! memiliki rata-rata 600.000 pemain bersamaan pada Juni 2020, menjadikannya game paling populer di Roblox. Karena mahalnya harga hewan peliharaan di dalam game, dengan beberapa hewan peliharaan langka dijual hingga $100 Dolar Amerika Serikat, subkultur besar penipu telah meningkat di dalam game. Sebagai basis pengguna utama Adopt Me! rata-rata lebih muda daripada anggota Roblox lainnya, mereka sangat rentan untuk tertipu. DreamCraft, organisasi di balik permainan, telah mengumpulkan lebih dari $16 juta dolar Amerika Serikat pendapatan, sebagian besar dari transaksi mikro.

Jailbreak

Beberapa permainan di Roblox, seperti Jailbreak (foto), cukup populer untuk mendapat perhatian media

Jailbreak adalah permainan polisi dan perampok yang merupakan salah satu permainan paling populer di situs, mengumpulkan puluhan ribu pemain bersamaan setiap hari, dan yang telah dimainkan sebanyak 4 miliar kali pada Agustus 2020. Jailbreak ditampilkan dalam acara Siap Pemain Satu Roblox, berdasarkan sekitar perilisan film. Alex Balfanz, salah satu pencipta Jailbreak, meliput pendidikan sarjana di Duke University menggunakan dana dari permainan. Jailbreak dipahami dan dibuat sebagai versi yang lebih sempurna dari game Roblox sebelumnya yang disebut Prison Life.

MeepCity

MeepCity adalah permainan peran daring multipemain masif dengan kemiripan yang dicatat dengan Club Penguin dan Toontown Online. Permainan ini rata-rata 100.000 pemain bersamaan pada Juli 2018. Pencipta MeepCity, Alex Bidello, menyatakan pada tahun 2018 bahwa ia menghasilkan cukup uang dari permainan untuk membayar dua karyawan dan mendukung ibu dan saudara laki-lakinya. Bidello terkenal karena teknik pengembangannya, yang mencakup bermain game di akun alt untuk mengukur reaksi pemain baru. MeepCity adalah game pertama di Roblox yang melewati 1 miliar total kunjungan.

Mainan

Pada Januari 2017, Jazwares, pembuat mainan, bekerja sama dengan Roblox Corporation untuk memproduksi minifigures mainan berdasarkan konten yang dibuat pengguna yang dibuat oleh pengembang besar di platform.[53] Minifigures memiliki anggota badan dan sendi yang mirip dengan minifigura Lego. Minifiguranya juga memiliki anggota badan dan aksesori yang dapat dipertukarkan. Semua set menyertakan kode yang dapat digunakan untuk menebus item virtual. Ada juga kotak buta yang berisi minifigures acak dan memiliki peluang untuk mengandung tokoh misteri.[54]

Penghargaan dan pengakuan

Roblox telah menerima penghargaan berikut:

  • Inc. 5000 Daftar Perusahaan Swasta Berkembang tercepat di Amerika (2016, 2017)[55][56]

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Roblox#:~:text=Didirikan%20oleh%20David%20Baszucki%20dan,kode%20dalam%20bahasa%20pemrograman%20Lua


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alur cerita game GTA : San Andreas SINGKAT, PADAT DAN JELAS

Asal Mula Selat Bali